Bagaimana Cara Metode ETTR Dalam Mengekspos Foto Pada Kamera?

Manfaat Metode ETTR dalam Mengekspos  Foto

Menyambung pembahasan penulis mengenai metode untuk mengurangi Noise pada artikel berikut. Penulis menyebutkan mengenai Metode ETTR atau (Expose To The Right) metode ini adalah suatu metode dalam Mengekspos foto dimana informasi dalam Grafik Histogram ada di Bagian Kanan. Artinya kita Mengekspos Foto sedikit diatas Optimal Exposure namun tidak sampai Over expose untuk menghindari Highlight menjadi Terlalu Terang sampai kehilangan detail. Dengan metode ini kita bisa mendapatkan detail pada Shadow lebih banyak sehingga mengurangi potensi munculnya noise.

source : https://www.goaskerin.com

Foto yang dihasilkan dari metode ini biasanya akan menjadi Flat atau terang namun membuat kita lebih leluasa dalam post processing bila di bandingkan foto yang Underexposed. Cara editing pun cenderung lebih mudah hanya menurunkan eksposure dan melakukan koreksi pada Kontras saja.

Cara Mengambil Foto dengan Metode ETTR

Cara yang penulis lakukan untuk metode ETTR adalah sebagai berikut;
1. Setting kamera pada Mode Manual
2. Ganti Metering pada kamera Ke Spot Metering
Atau Jika kamera anda memiliki Live Histogram akan lebih mudah lagi untuk dilakukan.

Dengan spot Metering, cari area paling terang pada scene yang ingin anda foto  kemudian Bandingkan nilainya dengan metering pada Scene lainnya. 

Perbedaan stop yang ada bisa anda jadikan acuan untuk menaikkan exposure sampai beberapa stop. 

Jika cara diatas sulit dilakukan, cobalah dengan cara Paling Mudah, yaitu dengan melakukan test shot, naikkan exposure secara perlahan diantara. EV +1/3 sampai EV +2 kemudian berhenti saat area paling terang mulai muncul "kedipan".nsasi

Manfaat Metode ETTR

Manfaat paling utama adalah mengurangi Noise pada Foto yang di hasilkan.
Selain itu Hasil Print foto dengan metode ETTR cenderung lebih baik bila di bandingkan dengan Metode eksposure biasa.

Kapan Metode ETTR Bisa digunakan dan kapan harus di hindari ?

Metode ini bisa digunakan pada saat foto Landscape atau Nature dimana anda memiliki cukup banyak waktu untuk menilai suatu scene foto.
Jika anda seorang Wedding Photographer atau Wildlife Photographer maka metode ini sebaiknya anda hindari karena menganalisa suatu scene membutuhkan waktu dan Waktu adalah Hal paling berharga untuk moment foto tersebut.


Sekian Tips yang bisa penulis bagikan, jika anda menyukai konten tulisan di blog ini, support penulis dengan like, komen dan share ke sosial media anda. Anda juga bisa berpartisipasi dengan memberikan tip kepada penulis pada link berikut agar selalu bersemangat untuk menghasilkan banyak konten bermanfaat lainnya, terimakasih. Salam sehat selalu (R.O)




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url