Yuk Explore Air Terjun Danggang yang Mempesona

Pesona Wisata Alam Air Terjun Danggang Sapaya 

Gowa Sulawesi Selatan menyimpan banyak sekali potensi pariwisata yang jika dikelola dengan baik akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan salah satu potensi wisata alam yang belum tereksplorasi dan dikelola dengan baik adalah air terjun Danggang Sapaya, Kec. Bungaya, Kab. Gowa.

Air Terjun Danggang Sapaya

Hamparan Sawah, Aliran Sungai dan Air terjun Tersembunyi

Bagi yang pertama kali menuju air terjun danggang sapaya, sangatlah wajar jika anda sampai tersasar bahkan bingung, bahkan bertanya pada warga sekitar pun kadang sulit karena mereka belum familiar juga dengan penamaan air terjun Danggang. Namun kami beruntung saat menuju ke Air terjun ini bertemu dengan warga yang sudah tau air terjun yang kami maksud, menyuruh kami untuk mundur tidak jauh dari jembatan, dan memarkir kendaraan kami tidak jauh dari situ. Kemudian melanjutkan perjalanan Melewati jalur setapak di pinggir sawah warga. Sesekali kaki kami salah memilih jalur yang benar, ataupun tanpa sengaja menginjakkan kaki pada lumpur sawah yang basah dan licin. Namun saat air terjun mulai terlihat di kejauhan, semangat kami kembali lagi untuk mencapainya.

Peta Lokasi Air Terjun Danggang

Begitu tiba di lokasi air terjun mata kami di manjakan dengan pemandangan air terjun yang masih alami, suara air yang menyegarkan, membuat kami melupakan semua penat yang baru saja kami lewati untuk menuju kesini.

Air Terjun Danggang dari bawah

Air terjun ini memilih beberapa Jatuhan air yang di pisahkan oleh batu-batu besar di sela aliran sungainya. Jatuhan air membentuk suatu untaian yang serupa dengan tirai.
Saya begitu antusias berada di sini sampai Bingung mau mulai darimana untuk mengabadikan keindahan dari air terjun ini.

Air Terjun Danggang Sapaya dengan tirai airnya


Sebenarnya kami memiliki beberapa foto rekomendasi dari tempat wisata air terjun sapaya, Namun Bentangan alam air terjun ini konon sedikit berubah karena banjir besar yang sempat melanda Wilayah Gowa beberapa waktu silam.
Saat berkunjung disini kami bertemu dengan komunitas pencinta alam dari Makassar, mereka menunjukkan kepada kami Bagaimana cara menuju ke Atas air terjun, dengan cara menaiki akar pohon yang ada di sebelah kanan kami, saat berada di atas terlihat bahwa masyarakat setempat sudah membuat semacam Irigasi untuk mengarahkan aliran sungai diatas air terjun ini ke sawah yang tadi kami lewati.

salah satu pengunjung yang meminta untuk di foto 

Dengan perlahan kami menuju pinggiran batu besar untuk memotret keindahan air terjun ini dari atas. Seandainya saja Kami datang di sore hari mungkin akan mendapatkan pemandangan sunset yang indah dengan air terjun danggang sebagai Point of Interest.
Namun tetap di syukuri, mungkin kami akan kembali di lain hari untuk mengabadikan air terjun ini di waktu yang pas untuk sunset, sunrise dan Milky way. Karena di Air terjun ini semua moment di atas bisa kita dapatkan.

Fasilitas di air Terjun Danggang Sapaya

Sayangnya belum ada fasilitas yang memadai untuk air terjun ini, jadi sangat disarankan untuk membawa bekal air minum dan makan sendiri, namun tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke tempat ini ataupun di aliran sungainya.

Aktifitas yang bisa di lakukan

Selain sebagai tempat rekreasi, air terjun ini bisa juga di jadikan Lokasi untuk camping, namun harus tetap berhati-hati dengan melihat kondisi cuaca, karena aliran sungai di air terjun ini pada cuaca yang buruk bisa banjir secara tiba-tiba.
Testimoni dari kawan-kawan yang sudah Pernah camping disini, jika cuaca cerah bisa mendapatkan moment sunset, Milky way, dan sunrise pada satu lokasi sama. Sangat menakjubkan bukan untuk pengalaman memotret yang complete.(RO)






Next Post Previous Post
1 Comments
  • nry officially
    nry officially 21 Oktober 2022 pukul 20.50

    pemandangan alam yang sangat mempesona

Add Comment
comment url