Pesona Danau Moat di Bolaang Mongondow Timur Sulawesi Utara

Pesona Danau Moat

Jika anda sedang berada di Sulawesi Utara dan  berkunjung ke Bolaang Mongondow timur, sempatkanlah untuk mampir ke danau Moat.

Danau yang terletak sekitar 17 km dari Kotamobagu ini, menawarkan keindahan alam yang sangat sayang untuk di lewatkan.


Danau moat by mytravelandscape
danau Moat, Boltim by mytravelandscape




Sejarah Danau Moat

Danau Moat terbentuk dari kawah gunung api purba, berada dalam satu kawasan Cagar alam Gunung Ambang. Masyarakat lokal menyebutnya dengan nama Mooat yang memiliki arti Tanah yang timbul di air. Memang pada tengah danau terdapat pulau kecil yang ditumbuhi pohon-pohon lebat.


danau moat by mytravelandscape

danau moat by mytravelandscape



Kawasan di sekitar Danau memiliki Tanah yang sangat subur, sehingga di manfaatkan masyarakat untuk menanam sayuran dan bawang. Danau ini merupakan perbatasan antara Bolaang Mongondow Timur dengan Amurang Selatan. Berada di ketinggian sebesar 1.100 mdpl membuat danau ini memiliki suhu yang sangat sejuk, sehingga banyak di bangun peristirahatan dan vila disekitar danau yang memiliki luas berkisar antara 617 ha.

Untuk masuk kedalam kawasan Wisata danau Mooat yang berada di Wilayah Bolaang Mongondow Timur anda harus merogoh kocek sebesar 10.000, saat terbaik adalah ketika pagi hari ataupun sore hari.
Selain sebagai tempat wisata danau ini juga berfungsi sebagai Sumber air dan Tempat budidaya ikan Nila. Banyak masyarakat yang memancing ikan di Sekitar danau, ataupun menggunakan perahu kecil.

Menuju Danau Moat

Untuk menuju danau mooat dari Kotamobagu anda bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor agar lebih leluasa, karena tidak ada angkutan umum yang melewati lokasi ini setiap saat. Sedangkan dari Amurang anda akan melewati danau ini setelah Melewati Motoling, Tompaso Baru, dan Modoinding.
Danau Moat dan Dermaga kayu by mytravelandscape



Fasilitas di danau Moat

Lokasi wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat rumah panggung yang bisa di sewa, aula untuk menggelar acara, tempat parkir yang cukup luas, dermaga kecil yang digunakan untuk Selfi, serta Toilet namun agak jauh dari lokasi.


Danau Moat saat Sunset by mytravelandscape

Danau Moat By Mytravelandscape

Aktifitas yang bisa di lakukan

Untuk anda pecinta Fotografi alam, lokasi danau ini sangat cocok untuk memotret Sunset dan Sunrise. Dermaga kayu bisa anda objek foto dengan pemandangan yang sangat indah, ketika pagi danau akan sangat indah dengan kabut dan Pemandangan sunrise.
Anda bisa melakukan piknik jika berkunjung dengan keluarga ataupun aktivitas lainnya.
Sebaiknya ketika berkunjung anda melihat ramalan cuaca terlebih dahulu karena Danau Moat seringkali ditutupi awan Tebal bahkan seringkali pula disertai hujan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url