Pesona Air Terjun Lacolla Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan

Keindahan Air Terjun Lacolla Maros Sulawesi Selatan

Air Terjun ini sudah pernah penulis bahas sekilas di tulisan 7 Lokasi Wisata Favorit untuk Foto landscape dan Travel di Sulawesi Selatan namun tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas air terjun ini dalam suatu tulisan tersendiri.


air terjun lacolla by mytravelandscape
Air Terjun Lacolla Maros by mytravelandscape



Menuju Lokasi Air Terjun Lacolla

Air Terjun Lacolla terletak di dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Source Google Maps 

Dari Kota Makassar Perjalanan dapat di tempuh sekitar 2 jam 30 menit, bisa lebih tergantung dengan kondisi lalu lintas dari Kota Makassar Menuju Maros yang biasanya dalam kondisi padat. Dari kota Maros perjalanan di lanjutkan melewati poros Maros-Soppeng melewati Air terjun Bantimurung dan Cagar Alam Karaengta Maros.
Setelah Melewati Jalan berliku di Poros Maros Soppeng atau disebut juga Poros Bantimurung, anda harus berbelok ke arah kanan Sebelum melewati SDN 25 Padangalla.

Setibanya di Lokasi anda akan di suguhi suatu pemandangan alam yang sangat indah di sekitar Air Terjun, Jaraknya dari tempat parkir mobil menuju Air terjun cukup jauh melewati Jalan Setapak, Kemudian Tangga beton yang cukup Curam.

Air Terjun Lacolla Tingkat ke 3

Air Terjun Lacolla Merupakan Air terjun yang mengikuti alur sungai Walanae yang alirannya mengalir sampai ke Bone dan Soppeng kemudian berakhir di danau Tempe

Sangat indah, masih alami, dan banyak komposisi foto adalah daya tarik dari air terjun ini. 

Terdapat 3 tingkat air terjun dalam satu lokasi. Tingkat pertama Paling sulit di capai jika anda baru pertama kali berkunjung di air terjun Lacolla Namun dari referensi foto yang saya lihat cukup indah namun menantang.
Air Terjun Lacolla Tingkat ke 2


Tingkat kedua memiliki Cascade yang cukup rendah, namun bisa di jadikan tempat berenang jika anda ingin berenang, Sangat sulit memang menahan godaan untuk tidak berenang disini, namun tetap berhati-hati. Tetap waspada Jika kondisi air cukup deras.
Tingkat ketiga adalah yang paling Indah di Lokasi wisata ini. Anda akan terpanah dengan keindahannya sampai-sampai ingi mencoba semua angle foto yang ada. Selalu berhati-hati karena beberapa batu untuk pijakan cukup licin.

Air terjun lacolla by mytravelandscape


Oyah! satu hal yang paling penting ketika berkunjung disini, adalah jangan lupa membawa air minum, karena tidak ada penjual makan dan minuman disini, tenaga anda akan banyak terkuras untuk menuju Air terjun ini.

Harga Tiket Masuk

Ketika Penulis berkunjung belum ada harga tiket yang pasti, bahkan untuk masuk saat itu tidak ada penjaga pagar sama sekali, namun ketika penulis hendak pulang dan melewati gerbang di mintai uang parkir dan tiket masuk oleh anak-anak yang berjaga di gerbang sebesar 20ribu. Untuk pemandangan yang di suguhkan tentu harga tersebut masih sangat terjangkau. 

Fasilitas di Lokasi Air Terjun

Sayangnya ketika penulis berkunjung ke lokasi belum banyak fasilitas yang di sediakan selain dengan akses jalan yang cukup mudah dan sudah di beton. Penjual makanan pun hanya di hari tertentu saja saat sedang ramai, selebihnya anda harus membawa perbekalan sendiri seperti air minum atau makanan.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • nry officially
    nry officially 12 Oktober 2022 pukul 22.51

    keren banget

Add Comment
comment url