Stone Garden Citatah, Wisata Alam dan Sejarah di Bandung Barat

Stone Garden Geopark Citatah

Salah satu Spot wisata yang wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat adalah Stone Garden Citatah, Padalarang, Jawa Barat. Merupakan bagian dari Kompleks Geopark Citatah yang meliputi beberapa lokasi bersejarah seperti Goa Pawon, Pasir Pawon, Pasir Bancana, Pasir Masigit, Karang panganten, Pasir Pabeasan, Gunung Manik, dan Gunung Hawu.

Lokasi Favorit di Stone Garden

Hamparan Batu Karst dengan bentuk yang unik menjadi salah satu daya tarik dari lokasi wisata ini, konon Batuan karst yang ada di kompleks ini dahulu kala berada di dasar laut, karena banyak di temukan fosil-fosil Kerang di lokasi ini. Tidak jauh dari sini terdapat pula goa pawon yang ditemukan Fosil manusia Purba.

berpose di Spot favorit ketika berkunjung di Stone Garden Citatah

Selama bertahun-tahun tinggal di Bandung baru saat ini penulis bisa berkunjung di lokasi bersejarah ini, namun sayang tidak bisa mengeksplor semua spot di Geopark Citatah karena waktu yang sangat terbatas.


Berpose di Spot favorit Stone Garden Citatah

Lokasi Wisata Stone Garden Citatah

Berlokasi di Desa Masigit, Citatah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Anda akan menempuh perjalanan sekitar 50-60 menit dari pusat kota Bandung dengan melewati jalan toll. Kebetulan penulis saat berkunjung kesini berada di Kota Baru Parahyangan sehingga waktu yang ditempuh untuk ke Stone garden Citatah hanya sekitar 30 menitan saja. Itupun saat pagi hari dimana jalanan masih cukup sepi. Ketika sore hari jalanan di Padalarang cukup padat sehingga waktu tempuh pun akan cukup lama.

Fasilitas yang disediakan

Untuk fasilitas di lokasi ini cukup memadai, terdapat Penjual makanan dan minuman tidak jauh dari tempat parkir, terdapat Toilet. Sedangkan di lokasi Stone Garden disediakan beberapa saung untuk digunakan pengunjung berteduh atau sekedar beristirahat saat menuju ke lokasi ini.


Panorama sekitar Stone Garden

Panorama alam disekitar stone garden

Harga Tiket dan Parkir

Saat berkunjung kesini penulis di mintai biaya parkir sebesar 15ribu, tiket masuk 10ribu. Bagi anda yang baru pertama kali kesini, biasanya ada warga sekitar yang bersedia mengantar dengan biaya yang seikhlasnya.
pemandangan Pagi di Geopark Citatah


Aktifitas yang bisa dilakukan

Aktifitas yang bisa dilakukan di lokasi wisata alam ini cukup banyak, selain bisa mengetahui secara Purbakala, kita juga bisa menikmati panorama alam di Bandung Barat yang cukup indah. Menurut warga yang mengantar kami di lokasi ini pengunjung juga bisa camping namun akan dikenakan tarif yang berbeda untuk tiket masuk dan Parkirnya.
Untuk melakukan photoshot seperti Prewedding di lokasi ini dikenakan tarif yang cukup wow yaitu sebesar 300ribu. Penulis sempat ngeri juga karena membawa perlengkapan kamera, tripod yang cukup lengkap takut di mintai biaya yang kurang lebih sama dengan mereka yang melakukan foto atau video di lokasi ini. Syukur hal itu tidak terjadi.

berpose di gugusan karst stone garden citatah

Kesimpulan

Lokasi Wisata alam Stone Garden Citatah yang merupakan bagian dari GEOPARK Citatah merupakan spot wisata yang cukup banyak di kunjungi masyarakat baik yang berada disekitar Bandung ataupun yang kebetulan lewat di jalan Padalarang. Fasilitas yang cukup memadai, biaya masuk yang cukup terjangkau, membuat lokasi ini wajib anda masukkan dalam list kunjungan anda.
ial, Helvetica, sans-serif" style="background-color: white; color: #222222; font-size: small;">Penulis berharap suatu saat akan bisa mengeksplor semua spot di Geopark ini dilain waktu. 

Jika anda menyukai tulisan ini Please Share, dan tinggalkan komentar anda dibawah. Support Blog ini dengan Follow dan berlangganan agar tidak ketinggalan konten-konten terbaru dan menarik lainnya dimasa mendatang, akhir kata terima kasih, Salam sehat selalu. (RO)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url