Tips Berburu Foto Milky way di Taman Batu Maros

Berburu Foto Milky Way di Taman Batu Maros

Kawasan Taman Batu Rammang-Rammang Maros adalah suatu kawasan wisata yang berada satu kompleks dengan kawasan wisata kampung Karst Rammang-rammang. Suatu kawasan yang memiliki susunan Batu karst unik menjulang tinggi membentuk labirin rumit dan Alami.

Foto Bima Sakti di Taman Batu Salenrang Maros

Terletak di Desa Salenrang, kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Untuk menuju kesini sangatlah mudah karena berada tidak jauh dari dermaga Kampung Karst Rammang-rammang.  Dari Makassar butuh waktu sekitar 60 menit untuk menuju tempat ini tergantung kondisi jalanan.

Spot Berburu Foto Bima Sakti

Selain sebagai tempat rekreasi wisata alam yang indah, bagi fotografer landscape lokasi ini adalah spot favorit untuk memotret galaksi Bima sakti jika cuaca cerah. Untuk bisa memotret Milky way di Lokasi ini bisa di lakukan pada bulan-bulan tertentu saja, yang paling pas ada di bulan mei sampai Juli dimana saat itu milky way sudah mulai nampak jelas di pukul 19.00 dan berada tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan kita untuk melakukan framing.
selain itu anda bisa menjadwalkan sesi foto di tempat ini selepas memotret sunset. Karena terdapat beberapa spot foto sunset di dekat dengan Lokasi ini juga Seperti di Dermaga dua Rammang-rammang.

Berpose di taman batu salenrang by olii

milkyway shot by olii

milkyway shot by olii

milkyway shot di maros by olii

Tips memotret Milky Way

Penulis akan berbagi sedikit tips berdasarkan pengalaman penulis untuk bisa memotret Milky way.
Alat yang harus di sediakan
  1. Kamera DSLR, Mirrorless, smartphone
  2. Lensa Lebar/wide dengan Bukaan Besar penulis menggunakan Lensa 10-22 dari Canon dan samyang 14 mm F2.8
  3. Tripod
  4. Senter
  5. Aplikasi untuk melihat Peta Bintang
  6. Remote shutter jika ada.

salah satu komposisi foto di taman batu by olii

rumah penduduk di sekitar taman batu by olii


Cara Setting di Kamera

  •  Untuk setting di kamera pertama-tama setting ISO di kisaran 1600-6400 tergantung dari kemampuan kamera yang kita miliki, kamera terbaru umumnya memiliki ISO yang lebih mumpuni dalam kondisi lowlight.
  •  Setting Speed di kisaran 15-30 second. Settingan speed lebih dari itu akan membuat Foto menghasilkan "ekor".
  •  Setting bukaan lensa pada bukaan paling lebar, contoh pada lensa samyang adalah F 2.8 atau 3.5 pada lensa 10-22 mm.
  •  Pastikan kamera terpasang pada Tripod atau sesuatu yang stabil, gunakan timer atau remote Shutter untuk meminimalisir Gerakan saat Tombol shutter di tekan.
  •  Hal paling sulit adalah menemukan focus disaat gelap, untuk itu anda butuh bantuan senter yang bisa menerangi Foreground yang dijadikan focus. Selain itu senter juga bisa anda gunakan menerangi Foreground saat memotret. Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menentukan focus pada foto Milky way. Pertama dengan melakukan focus Stacking untuk Foreground dan foto Milky way kemudian menyatukannya pada saat post processing atau jika Foreground yang akan di foto berada di jarak yang memungkinkan anda bisa menempatkan focus pada Infinity. Anda bisa belajar mengenai Hyperfocal Distance pada artikel berikut ini 

Demikian Tips untuk memotret Milky way yang bisa penulis Bagikan. Selamat mencoba, tips tambahan bawa selalu lotion pengusir nyamuk dan serangga agar sesi foto anda tidak terganggu dengan Gigitannya. Tips tambahan lainnya ajak teman untuk memotret milky way selain bisa menjadi Model foto anda bisa juga meningkatkan nyali anda. Kecuali anda sudah terbiasa ikut acara uji nyali. hehehe

Jika anda menyukai tulisan ini Please Share, dan tinggalkan komentar anda dibawah. Support Blog ini dengan Follow dan berlangganan agar tidak ketinggalan konten-konten terbaru dan menarik lainnya dimasa mendatang, akhir kata terima kasih, Salam sehat selalu. (R.O)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url