Air Terjun Tersembunyi di Sungai Jeneberang Malino Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

 

Air Terjun Tersembunyi di Sungai Jeneberang Malino

Salah satu Spot Favorit masyarakat Makassar yang berkunjung ke Malino adalah Air terjun Tersembunyi di Hulu Sungai Jeneberang. Sering di sebut sebagai Air Terjun Upstream 3 Jeneberang.

air terjun upstream by mytravelandscape
Air terjun Upstream 3 Jeneberang by mytravelandscape

Sungai Jeneberang adalah sungai yang mengalir dari Timur ke Barat dari gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang menuju ke Selat Makassar, Sungai ini memiliki panjang 75-80 KM. Selain sebagai Sumber Air masyarakat Makassar, juga menyimpan potensi Wisata yang sangat prospektif bagi Daerah Malino dan Gowa.




Air Terjun Upstream 3 Jeneberang terletak di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Untuk mencapainya kita harus menelusuri Sungai Jeneberang, melewati tebing-tebing batu yang tinggi, dengan sesekali menyebrangi sungai, memanjat Gugusan batu sungai. Cukup melelahkan Namun semua akan dibayar lunas ketika kita tiba di lokasi Air terjun.

Upstream 3 Jeneberang Malino by mytravelandscape



Konon Air terjun ini terbentuk akibat dari bencana bendungan yang hancur akibat air Bah  sungai Jeneberang. kemudian membentuk suatu Air terjun yang sangat Indah dan tampak sangat alami.
Jatuhan air dari Air terjun ini cukup deras, dihimpit oleh Tebing batu tinggi di Kiri dan kanannya. Lalu Di balik tirai airnya terdapat Gua Kecil yang sangat indah untuk di Foto. Namun bisa di jangkau ketika debit airnya tidak terlalu besar.
Berpose di Air Terjun Jeneberang

Makassar Landscaper beraksi 


Menuju Lokasi Air Terjun

Lokasi air terjun tidak jauh dari Jembatan Merah Malino, untuk menuju ke lokasi anda harus menuruni tangga di bawah jembatan kemudian menyebrangi sungai.  Sangat di sarankan untuk mengajak Teman atau Warga sekitar sebagai pemandu karena jalan yang akan di lalui cukup ekstrem. Dan sangat disarankan untuk tidak berkunjung ke Air terjun ini saat musim penghujan karena Sungai Jeneberang sangat tidak terduga saat muncul air bah. Selain itu Debit air ketika musim penghujan tidak memungkinkan untuk di lewati.

akses menuju lokasi air terjun

akses menuju lokasi air terjun2

akses menuju lokasi air terjun3

akses menuju lokasi air terjun4

akses menuju lokasi air terjun5

akses menuju lokasi air terjun6

akses menuju lokasi air terjun7

akses menuju lokasi air terjun8

Fasilitas di Air Terjun Upstream 3 Jeneberang

Belum ada Fasilitas untuk lokasi wisata ini, tidak ada penjual makanan dan minuman, sehingga anda harus membawa sendiri perbekalannya seperti makanan dan minuman. untuk parkir pengunjung harus memarkir kendaraannya di dekat jembatan Merah Malino untuk keamanan sudah ada warga lokal yang berinisiatif untuk menjaga kendaraan pengunjung dengan tarif bervariasi antara 10ribu sampai 20ribu.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • nry officially
    nry officially 12 Oktober 2022 pukul 22.50

    Wow Keren banget

Add Comment
comment url