Jalan-Jalan di Air Terjun Kali Sulawesi Utara

Pesona Air Terjun Kali

Sulawesi Utara menyimpan banyak potensi wisata yang jika dikelola dengan baik bisa menjadi salah satu Bali baru bagi pariwisata Indonesia, Salah satu dari sekian banyak air Terjun yang terdapat di Sulawesi Utara, air Terjun kali atau di kenal juga air terjun Ratahan telu adalah yang memiliki panorama Indah dengan Alam yang masih Asri.

Air Terjun Kali by mytravelandscape


Berada di aliran sungai Malalayang, Air terjun Kali ada dalam satu aliran sungai dengan air terjun Tekaan Telu.  Serta beberapa air terjun tak bernama yang menurut warga sekitar ada di atas air terjun ini namun belum tereksplorasi. Apabila dikelola dengan baik mungkin Air terjun kali, Tekaan Telu dan  Air Terjun tak bernama yang terdapat di Jalur Manado-Tomohon ini bisa menjadi Geopark seperti halnya Ciletuh atau Maros-Pangkep.

Menuju Ke Air Terjun Kali Ratahan Telu

Maps Air Terjun

Air Terjun Ratahan Telu terletak di Kabupaten Minahasa. Lokasi tepatnya ada di Jl. Raya Manado-Tomohon, jl. Kali, Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Air terjun ini kira-kira 20 km dari pusat kota Manado. Air terjun ini berada di jalan yang sama dengan Makam pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol, Penunjuk jalannya sangat mudah, dari arah manado, setelah melewati jembatan Pineleng belok kiri terdapat patung Tuanku Imam Bonjol. Dari jalan raya sekitar 15 menit menuju Lokasi air terjun. Anda harus memarkir kendaraan anda di tempat yang sudah di sediakan oleh warga dengan membayar 5-10 ribu untuk tiket masuk sekaligus parkir.

Makam Tuanku Imam Bonjol


Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan tracking di jalan setapak kira-kira sekitar 30-40 menit. Terdapat beberapa pos untuk beristirahat sebelum perjalanan menuruni ratusan anak tangga beton dan dari batu alam. Selalu berhati-hati karena Jalan ini berlumut dan licin. Sangat melelahkan namun sepadan dengan pemandangan ketika tiba di lokasi air terjun. Butir-butir air yang terbawa angin menyegarkan wajah.

 

Spot Jembatan Lumut

Oyah Tips jangan lupa menggunakan Baju atau jaket anti air agar anda tidak basa kuyup ketika berada dekat dengan Air terjun.


Terdapat sebuah jembatan beton melengkung yang di penuhi dengan lumut hijau, yang di buat tepat di depan air terjun, anda bisa berselfie ria di tempat ini.
Bagi kami para fotografer landscape jembatan Air terjun Kali sangat Ikonik sehingga selalu wajib di sertakan dalam foto Estetik kami.

Fasilitas Di Air Terjun Ratahan Telu

Tidak ada fasilitas yang memadai di tempat ini selain dengan sebuah Bangunan sabua untuk anda berteduh di kala panas atau hujan. Toilet pun sudah lama rusak. Tidak ada penjual makanan dan minuman sehingga sangat di sarankan untuk anda membawa bekal anda sendiri.
Air terjun kali dari atas Jembatan

Spot Foto airter kali by olii


arter kali by mytravelandscape


Air Terjun Kedua yang Tak Bernama

Saat berkunjung di Air terjun kali tidak banyak pengunjung selain kami dan pasangan Turis Asing dari Jerman. Kami sedikit tertukar cerita mendengar kekaguman mereka pada keindahan alam di Air terjun Kali. Dan mereka berencana untuk melihat air terjun yang berada di atas air terjun ini. Kamipun bersama-sama kembali ke atas menuju jalur yang sudah tertutup semak belukar, namun masih bisa di lewati, sesekali kami melewati jalur yang sudah longsor, sekitar 30 menit kemudian kami berada di sebuah lereng curam, terdapat reruntuhan bangunan disitu dan pohon bambu yang sangat besar. Turun sedikit ke tepi sungai kami melihat satu air terjun yang cukup indah dengan sebuah kolam alami yang cukup besar namun banyak sekali sampah. 

Air Terjun Kedua yang tak Bernama


Kami yang hendak turun namun tidak menjumpai jalur untuk turun kebawa mungkin karena sudah longsor Jadi kami hanya menikmati air terjun ini dari atas saja. Sangat di sayangkan air terjun ini terbengkalai dan tidak dikelola sama sekali padahal berada dalam satu kompleks dengan air terjun kali. Semoga kedepannya Pemerintah daerah memberikan perhatiannya pada potensi wisata Air Terjun Kali dan air terjun-air terjun lainnya yang berada dalam kompleks yang sama.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • nry officially
    nry officially 21 Oktober 2022 pukul 20.51

    keren banget lokasinya

Add Comment
comment url