Tips mengurangi Noise Pada Foto Malam hari

Apa Itu Noise?

Pasti Anda pernah mengalami saat memotret dalam kondisi yang low light dan Foto yang di hasilkan menghasilkan banyak sekali Bintik-bintik berwarna-warni ataupun Hitam Putih, tampak blur, tidak tajam, Baik Itu Foto Langit Malam, Bima Sakti, atau Mungkin sekedar Foto biasa yang anda foto di Malam hari atau dalam pencahayaan yang kurang.
Bintik-bintik berwarna-warni itulah yang di sebut Noise.
Noise pada MW mytravelandscape

Penyebab Noise Pada Foto

1. ISO

Faktor paling utama yang menyebabkan Munculnya Noise pada kamera adalah karena Nilai dari ISO yang tinggi yang mempengaruhi sensitifitas sensor dalam menangkap cahaya, memaksa kemampuan sensor dalam menangkap cahaya akan berpengaruh pada kualitas gambar yang di hasilkan.
Pada zaman Film Fotografi juga sudah dikenal Noise atau di sebut juga dengan Istilah Grain. Hal Ini Berkorelasi juga dengan Nilai dari ASA Film, Semakin tinggi Nilai ASA film, Noise/grain yang dihasilkan biasanya akan semakin tinggi, Namun Grain pada Film Fotografi dianggap estetik bahkan sengaja di tambahkan sebagai Filter pada Post Processing Video atau Foto saat ini.

Noise pada foto bima sakti self document

2. Sensor Kamera

Pada Kamera Digital besarnya sensor akan berpengaruh pada kualitas foto dan Noise yang di hasilkan. Semakin kecil suatu sensor kamera makan Noise akan lebih mudah untuk muncul bahkan pada ISO yang masih cenderung rendah sekalipun. Namun Produsen kamera umumnya menambahkan filter Noise reduction pada sensor yang bekerja dalam Kamera, sehingga hasil foto yang muncul tidak terlalu banyak Noise.

3. Exposure Foto yang Tidak Tepat

Foto yang Underexposed umumnya akan menghasilkan banyak Noise pada area Shadow yang biasanya akan terlihat saat akan di Post Processing, hal ini tidak akan menjadi masalah bagi Mereka yang menggunakan kamera dengan Dynamic Range yang tinggi, namun menjadi hal yang sangat serius pada kamera-kamera dengan kemampuan terbatas dalam hal Dynamic Range. Terlepas dari kemampuan kamera anda, sangat di sarankan untuk mengekspose foto anda pada Kondisi Optimal agar informasi yang didapat oleh kamera cukup lengkap untuk di Proses nantinya.

4. Kerapatan Pixel

Pixel kamera yang rendah umumnya memiliki Chroma Noise yang lebih dibandingkan dengan Pixel kamera yang tinggi.
Namun Hal ini masih bisa di perdebatkan sebenarnya apakah Ukuran megapixels berpengaruh terhadap Noise yang di hasilkan. Kerapatan piksel sudah menjadi sebuah mitos yang sampai saat ini dianggap sebagai penentu dalam menentukan kamera yang berkualitas. penulis lebih melihat kepada Informasi yang di hasilkan oleh kamera dengan  Pixel yang tinggi membuat fotografer menjadi lebih fleksibel dalam post processing di banding dengan kamera Pixel Rendah.

Jenis-jenis Noise

Jika anda sudah pernah Menggunakan aplikasi Lightroom atau Photoshop tentu anda tidak asing lagi dengan istilah Luminance Noise dan Chrominance Noise atau disebut juga Color Noise. Kedua jenis noise ini umumnya membuat foto yang di hasilkan Tampak Blur atau tidak tajam.


Cara Mengurangi Noise Pada Foto

1. Setting ISO Rendah

Selalu setting ISO anda serendah mungkin dalam setiap kesempatan, hal ini akan mengurangi potensi munculnya noise, gunakan tripod jika anda memotret scene pada kondisi lowlight dengan metode long exposure.
Terkecuali pada saat memotret Bintang atau Astro fotografi dimana mengharuskan anda menaikkan Nilai ISO agar bisa mendapatkan foto Bima sakti, akan penulis bahas dalam artikel berbeda.


2. Optimal Exposure

Selalu mengekspos foto anda pada optimal Exposure hal ini bisa di lihat dari histogram anda yang terdistribusi dengan merata. Namun hal ini kadang sulit tercapai di lapangan saat sesi pemotretan, sehingga mengharuskan anda untuk melakukan post processing.
Tips dari penulis bagi anda yang menggunakan kamera dengan kemampuan terbatas adalah dapatkan sebanyak mungkin informasi dengan mempelajari metode ETTR atau Expose To The Right yaitu dengan mengumpulkan informasi pada histogram cenderung ke Arah kanan, atau bahasa awamnya dengan mengekspos foto sedikit diatas Optimal Exposure namun tidak sampai over expose sehingga anda tidak kehilangan informasi pada Highlight namun mendapatkan moment informasi yang baik pada Shadow, kemudian di Post Processing dengan membuat foto menjadi gelap sesuai kebutuhan anda.

3. Gunakan Flash

Menggunakan flash memungkinkan anda mengurangi kemungkinan terjadi noise pada Area Shadow atau area yang gelap.

4. Manfaatkan Fitur Noise Reduction pada Kamera.

5. Hindari Over Heat

Berdasarkan pengalaman penulis Hindari menggunakan kamera saat over heat. karena Kualitas foto yang dihasilkan tidak akan optimal dan penuh noise saat sensor kamera atau body kamera anda dalam kondisi over heat.

Sekian Tips yang bisa penulis bagikan, jika anda menyukai konten tulisan di blog ini, support penulis dengan like, komen dan share ke sosial media anda. Anda juga bisa berpartisipasi dengan memberikan tip kepada penulis pada link berikut agar selalu bersemangat untuk menghasilkan banyak konten bermanfaat lainnya, terimakasih. Salam sehat selalu (R.O)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url