Air Terjun Kima Atas Perpaduan Keindahan Alam Dan Mistis

Air Terjun Terdekat di Kota Manado

Jika anda mengunjungi Kota Manado dan mencari lokasi wisata alam yang berada dekat dari kota Manado, maka air terjun kima Atas adalah destinasi wisata yang harus anda kunjungi. Satu-satunya air terjun yang berada di dalam kota Manado, air terjun kima atas terletak di kelurahan Kima Atas,  Kecamatan Mapanget. Travel Story Edisi kali ini akan mencoba membahas sedikit pengalaman berkunjung ke Lokasi Air terjun ini.

mytravelandscape air terjun kima atas
air terjun kima atas

Berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Manado, membutuhkan sekitar 30 menit untuk menuju lokasinya. Dari Arah Menuju Bandara anda harus berbelok ke kanan di tugu adipura, kemudian sekitar 4 km mengikuti jalan adipura, samapai menjumpai penanda lokasi wisata ini. Fasilitas jalan yang tersedia untuk menuju lokasi air terjun sudah teraspal mulus. Anda bahkan bisa memarkir kendaraan anda tepat di depan gerbang menuju air terjun.



Harga Tiket Masuk

Untuk masuk destinasi wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis, untuk parkirnya sering kali gratis juga karena memang tidak ada penjaga di Lokasi ini.
Dari lokasi parkir anda harus berjalan sekitar 30 meter menuruni tangga beton dengan pegangan besi untuk membantu anda saat turun dan naik ke lokasi air terjun.
Saat Tiba di Lokasi Suara jatuhan air dan suasana alam yang masih alami akan membuat anda merasa rileks, dan melupakan kepenatan anda sejenak.

mytravelandscape
air terjun kima atas

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

Anda bisa berenang, bermain air, selfie atau sekedar duduk-duduk menikmati keindahan air terjun ini. Bagi kami Fotografer landscape, air terjun ini adalah salah satu spot favorit untuk diabadikan dengan kamera. Selain Bisa menonjol keindahannya, tidak banyak pengunjung yang lalu lalang dan masuk dalam frame foto.
Memang air terjun ini Tidak banyak di kunjungi  pengunjung walaupun Lokasinya berada dekat dengan Kota. Tentunya menjadi suatu pertanyaan besar bagi para turis lokal maupun mancanegara yang datang kesini "mengapa Air Terjun yang begitu indah dan tidak jauh dari kota bisa sepi seperti ini?". Namun bagi warga lokal banyaknya insiden kecelakaan yang terjadi di lokasi Air terjun Kima atas dan memakan korban jiwa, serta kisah-kisah mistis yang banyak beredar, menjadi salah satu penyebab air terjun ini mendapatkan reputasi yang "buruk" dan jarang dikunjungi.

mytravelandscape
berpose di air terjun kima atas

Fasilitas Di Lokasi

Sayangnya belum ada fasilitas yang cukup memadai di lokasi wisata ini, tidak ada toilet, tempat bilas, serta fasilitas penunjang lainnya, bahkan tidak ada penjaga dan penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi ini. Sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman masing-masing, tapi jangan lupa untuk membawa kembali sampahnya.

Insiden Buruk Apa Yang Pernah Terjadi?

Konon Sudah banyak Insiden pengunjung yang tenggelam saat mandi di Air terjun ini. Kejadian terbaru terjadi tahun 2019 saat seorang pemuda yang berenang bersama temannya terseret arus dan tenggelam. Mundur sedikit kebelakang tahun 2012 dua siswa MTS tenggelam saat mandi di air terjun ini karena terseret pusaran arusnya. Dan masih banyak juga kejadian-kejadian lainnya yang terjadi di air terjun ini. Sehingga muncul juga cerita-cerita mistis seputar tempat ini, tentang penunggu tak kasat mata. 
Penjelasan Ilmiah yang cukup rasional mengenai penyebab insiden-insiden tersebut adalah disebabkan oleh arus pusaran air yang cukup deras pada Kolam airnya. Air Terjun Kima Atas memang Memiliki arus yang tidak bisa di tebak sehingga anda harus ekstra hati-hati jika ingin berenang.  

Perlu Perhatian Pemerintah untuk Tata Kelola

Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya terlepas dari berbagai insiden yang terjadi, air terjun ini memiliki Potensi yang sangat besar untuk menjadi Destinasi Wisata Favorit Sulawesi Utara.
Lokasinya yang dekat kota, dan juga berada tidak jauh dari Bandara, Kondisi alam sekitar yang masih alami. Air Terjun Kima Atas memerlukan perhatian ekstra dari Pemerintah Kota Manado untuk membuat tata kelola yang baik, menyediakan Fasilitas-fasilitas penunjang yang memadai dan juga pengawasan yang profesional agar kelak tidak terjadi lagi insiden-insiden yang bisa memakan korban jiwa di lokasi ini. Jika dilakukan penulis sangat yakin lokasi wisata ini akan bisa di sejajarkan dengan destinasi wisata seperti Air terjun Tunan, air Terjun Kali, bahkan air Tekaan Telu dan bisa menunjang program Pemerintah untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai destinasi wisata Bali Baru.

Demikian travel story edisi kali ini, jika anda menyukai konten tulisan di blog ini, support penulis dengan like, komen dan share ke sosial media. Anda juga bisa berpartisipasi dengan memberikan jajan kepada penulis pada link berikut agar selalu bersemangat untuk menghasilkan banyak konten bermanfaat lainnya, terimakasih. Salam sehat selalu (R.O)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url