Air Terjun Tudu Aog Surga Tersembunyi di Bolaang Mongondow

Akhirnya Ketemu Juga dengan Air Terjun Tudu Aog

Sejak Pertama kali mendengar dan melihat postingan teman mengenai air terjun ini, Rasa penasaran saya akhirnya terpenuhi juga, Air terjun yang sebenarnya cukup mudah di jangkau karena berada di pinggir jalan antara Tudu aog dan Kolingangaan. namun belum begitu banyak terekspose bahkan lokasinya belum ditemukan di Google maps. Travel Story kali ini akan membahas sedikit mengenai air terjun tudu aog atau dikenal oleh warga lokal sebagai Air terjun Ilantat.

Mytravelandscape/Tudu-aog
Air Terjun Tudu Aog

How To get Here?

Untuk menuju ke lokasi ini dari kotamobagu sekitar 15 km, waktu tempuh sekitar 45 menit dengan kendaraan roda empat. Patokan lokasinya adalah Danau Tudu Aog, lalu mengambil jalan berbelok sebelah kiri, anda tinggal mengikuti jalan yang teraspal cukup mulus sampai kira-kira 5 Km. Air terjun ini berada di sebelah kiri anda. Untuk mempermudah Saya sudah menyiapkan Pin di google Maps yang semoga bisa membantu para petualang lainnya untuk berkunjung ke air terjun ini. Anda bisa menyewa kendaraan roda 2 atau roda 4 dengan mengajak pemandu warga lokal.

 

Ketika saya menuju ke destinasi air terjun ini untuk pertama kalinya tidak ada penunjuk jalan yang bisa membantu saya, bahkan membuat saya nyasar sampai berada di desa Apado, salah satu desa yang berada di Tudu Aog. sebenarnya saya sempat bertanya pada seorang anak kecil apakah ini jalan untuk menuju air terjun tudu aog, dan anak itu menjawab" Iya Om" dengan sangat yakin. Eh ternyata saya di kerjain. karena tidak ada jalan lain yang bisa di lewati mobil, Saya akhirnya bertanya kepada warga sekitar yang dengan senang hati memberikan petunjuk jalan yang benar. Para pemuda yang membantu saya menyuruh saya untuk kembali ke pertigaan dan mengambil jalan yang lurus ke atas, sampai ketemu danau Tudu aog, dari situ kemudian saya di minta berbelok ke jalan sebelah kiri.

Jalan untuk menuju Danau Tudu Aog sebagian mulus namun ada beberapa lubang yang sangat besar yang cukup menyulitkan kendaraan roda empat untuk melewatinya, harus ekstra hati-hati agar tidak terjerembab pada lubang yang cukup dalam. sedangkan jalan untuk menuju air terjunnya teraspal mulus, konon air terjun ini mulai diketahui sejak dibukanya jalan baru ini. Spot air terjun yang dikenal warga asli sebagai air terjun Ilantat akhirnya mulai dikenal oleh beberapa Warga Kotamobagu, namun masih banyak juga yang tidak tahu menahu mengenai air terjun ini.

HTM, Fasilitas, dan Aktifitas di Air Terjun Tudu Aog

Air terjun ini masih gratis, tidak ada yang penjaga, bahkan kendaraan pun jarang yang lalu lalang disini, belum ada fasilitas penunjang untuk destinasi wisata air terjun ini, untuk parkir bisa di pinggir jalan, dengan mengatur sedemikian rupa agar tidak menghalangi kendaraan lain yang mungkin akan lewat. Untuk penjual makanan dan minuman juga tidak akan anda jumpai di jalan tuduaog-kolingangaan, wajar sih karena air terjun ini berada di hutan yang masih cukup lewat, hanya ada beberapa ladang perkebunan disekitar lokasi. Jika anda beruntung akan bertemu dengan kawanan Monyet atau Yaki. Monyet kecil yang mendiami pulau sulawesi.
Aktifitas yang bisa anda lakukan disini, selain untuk foto-foto anda juga bisa berenang di kolam air terjun yang cukup luas. Melihat medan yang ada di sekitar lokasi, anda bisa melakukan aktifitas outdoor untuk camping di sekitar air terjun.

Berikut beberapa Foto yang Mytravelandscape dapatkan di Lokasi Air terjun Tudu aog

Mytravelandscape/arter tuduaog 2

Mytravelandscape/arter tuduaog 02


Jika anda menyukai tulisan di blog ini, support dengan Subcribe, komen, like dan share yah. Semoga bisa menginspirasi anda untuk traveling dan mendapatkan foto-foto landscape dan travel yang keren. Salam Sehat (R.O)
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Goresan pena
    Goresan pena 6 November 2022 pukul 20.18

    Kisah perjalanan yang mendetail, menjadikan pembaca serasa ikut menjelajah dan tertarik untuk mencari tahu bentuk nyata nya

Add Comment
comment url