Yuk Berwisata di Pantai Apparalang Tanjung Bira

Pesona Tanjung Bira

Tanjung Bira yang berada di ujung pulau Sulawesi menyimpan suatu pesona tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan, Memiliki deretan Pantai yang Indah dengan perpaduan antara pasir putih dan tebing-tebing tinggi, Budaya Masyarakat pesisir yang ramah dengan keahlian membuat kapal phinisi yang masih dilestarikan sampai saat ini. Masyarakat adat Kajang yang menolak teknologi masuk pada masyarakatnya. Sungguh suatu perpaduan lengkap yang harus anda kunjungi. Salah satu spot wisata yang ada di Tanjung Bira adalah Tebing Apparalang.

mytravelandscape/tebing apparalang


Pantai Tebing Apparalang

Pada kunjungan pertama saya ke pantai ini suasananya sangat ramai, Setiap pantai ketika masa liburan sudah seharusnya ramai oleh pengunjung. begitu pula dengan Pantai Apparalang yang juga berada di Desa Ara, Bontobahari, Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba. Namun kunjungan saya berikutnya untuk mengambil foto Sunrise di Lokasi ini, beruntung masih cukup sepi. 

Lokasi Pantai Apparalang

Berbeda dengan pantai lainnya, Apparalang memiliki keunikan karena memiliki deretan tebing yang tinggi. Tebing-tebing mengelilingi laut biru, Pemandangan yang menarik wisatawan. Perpaduan birunya laut dan keindahan tebing menjadi perpaduan yang unik. Pengunjung juga bisa melewati jembatan kecil penghubung tebing dengan pulau karang kecil yang sangat layak dijadikan spot foto sambil melihat riak ombak biru. 

mytravelandscape/tebing apparalang2


mytravelandscape/tebing apparalang3

mytravelandscape/tebing apparalang4


Apa Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Apparalang?

1. Spot Foto Sunrise

mytravelandscape/tebing apparalang5

Bagi Para Fotografer Landscape, pantai Apparalang masuk dalam list spot foto landscape di Tanjung Bira, anda bisa memotret Foto Sunrise di lokasi ini, anda juga bisa bermalam di lokasi ini dengan mendirikan tenda sambil menunggu sunrise bisa sekalian mengambil foto Milky way jika cuacanya mendukung.

2. Spot Untuk Camping


Pantai Apparalang juga digunakan sebagai lokasi anak-anak muda yang berkunjung di Tanjung Bira sebagai lokasi untuk camping. Ketika saya berkunjung disana untuk memotret moment sunrise, ada beberapa anak muda yang mendirikan tenda persis di pinggir tebing. Terdapat pohon yang cukup Rindang di sekitar pantai ini cocok untuk dijadikan spot mendirikan tenda dan memasang hammock.

3. Spot Berenang dan Cliff Diving


Lokasi ini sering digunakan juga oleh para pecandu adrenalin untuk melakukan aktifitas yang cukup berbahaya seperti Cliff diving. Wisatawan bisa melompat dari atas tebing setinggi 20 meter langsung ke Laut di pinggir tebing. Sungguh suatu atraksi yang patut untuk di saksikan dan tidak anda lewatkan ketika berkunjung di lokasi pantai ini.

Itulah sederet aktifitas yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke lokasi pantai Apparalang.
Tebing Apparalang mengingatkan saya pada keindahan pantai klingking di Nusa Penida, namun dengan tebing yang lebih rendah. mungkin cocok disebut juga sebagai versi Mini dari Pantai Klingking.

Apa Saja Fasilitas di Pantai Apparalang dan Berapa HTM?


Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, fasilitas toilet sudah ada, terdapat penjual makanan di dekat tempat parkir mobil namun sayangnya Opsinya terbatas, hanya Mie instan dengan pisang goreng. Fasilitas lainnya untuk anda berfoto juga sudah di tersedia. Yang kurang dari lokasi ini hanya air bersih saja. Wajar sih lokasi ini berada di tebing-tebing batu yang padat sehingga tidak ada sumur yang bisa di gali. Harga tiket masuk untuk Lokasi ini hanya 10ribu saja. di tambah dengan biaya parkir Mobil sebesar 10-15ribu Rupiah. 

Demikian travel story edisi kali ini di Tanjung Bira, Anda juga bisa membaca artikel saya berkunjung ke Pantai Ujung Tiro. Jika anda menyukai tulisan ini support blog ini dengan Like, komen, share dan berlangganan agar anda tidak terlewat artikel-artikel perjalanan terbaru dari mytravelandscape. Dukungan anda sangat berarti bagi kelangsungan Blog ini. Salam Sehat (R.O)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url