Pesona Air Terjun Bokobili Lembah Karaeng Gowa


Pesona Air Terjun Bokobili Lembah Karaeng Gowa

Pesona keindahan Alam Sulawesi Selatan seakan-akan tiada habisnya, Terutama wilayah Gowa, Memiliki Puluhan air terjun baik yang sudah di kelola dengan baik maupun yang belum terjamah karena aksesnya yang minim. Salah satunya adalah Air Terjun Bokobili Lembah Karaeng.
mytravelandscape/air terjun lembah karaeng


Air terjun ini lebih dikenal di kalangan fotografer landscape sebagai Air Terjun Lembah Karaeng, namun Oleh masyarakat sekitar dinamakan sebagai air terjun bokobili apalagi sejak dijadikan sebagai desa Wisata.
Terdapat dua Akses untuk menuju air terjun ini. Yaitu Akses dikelola oleh masyarakat Manuju dimana terdapat area parkir dan Gasebo untuk pengunjung dan satu lagi akses yang berada di seberang sungai dimana belum terdapat fasilitas parkir ke lokasi, dengan jalanan yang masih berupa tanah dan Batuan. Namun lokasi ini sering dijadikan sebagai spot untuk para fotografer landscape serta lokasi camping pemuda dari Makassar.

mytravelandscape/air terjun lembah karaeng2

mytravelandscape/air terjun lembah karaeng3


Pada kesempatan kali ini kami menggunakan akses yang kedua dimana kendaraan kami tinggalkan di pinggir jalan Dekat dengan Perkebunan warga, kemudian melanjutkan perjalanan berjalan kami sejauh 700 meter menuju Sebuah Gazebo dan lokasi air terjun, menurut saya lokasi ini lebih cocok untuk di Foto dibandingkan dengan Lokasi yang dikelola masyarakat desa, yang lebih cocok digunakan pengunjung untuk mandi.

Dimana Lokasi Air Terjun Bokobili?

Air Terjun ini berada di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, dari Poros Malino dibutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk menuju lokasi air terjun ini.

Apa Saja Fasilitas yang tersedia?

Untuk kawasan yang di kelola oleh masyarakat desa Manuju sudah terdapat Area Parkir, kamar mandi Umum, gazebo serta spot untuk selfie. Selain itu belum terdapat fasilitas penunjang lainnya.

mytravelandscape/air terjun lembah karaeng4


Atraksi Apa Saja Yang bisa di Lakukan?

Pengunjung bisa mandi di air terjun ini, atau sekedar berfoto-foto selfie, lokasi ini sering juga dijadikan lokasi camping para pemuda dari Makassar..
Waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi air terjun Bokobili lembah karaeng adalah ketika musim hujan saat volume debit air di air terjun ini cukup besar. Ketika musim kemarau Debit air fi air terjun ini sangat sedikit sehingga Carcade jatuhan air juga sangat terbatas.

mytravelandscape/air terjun lembah karaeng5



Kesimpulan

Air terjun Bokobili Lembah Karaeng adalah salah satu spot wisata alam yang cukup potensial untuk di kembangkan di Wilayah Gowa, semoga Fasilitas-fasilitas penunjang terus di kembangkan agar nanti spot wisata ini bisa membantu memberikan pemasukan pada masyarakat desa lokasi air terjun ini berada.

Next Post Previous Post
4 Comments
  • VRARTEKNO
    VRARTEKNO 15 Desember 2022 pukul 16.49

    nice info

  • Yurcities
    Yurcities 15 Desember 2022 pukul 16.50

    keren lokasinya

  • Amir
    Amir 14 Januari 2023 pukul 07.49

    vibesnya kayak di Jurassic park. namanya unik

  • Anonim
    Anonim 1 Mei 2024 pukul 13.41

    Makasi banyak infonya paman, keren keren tempatnya😍🙏

Add Comment
comment url