Pesona Air Terjun Cantik di Desa Lolayan

Air Terjun Lolayan

Bolaang Mongondow adalah salah satu wilayah di Sulawesi Utara yang memiliki banyak sekali potensi kekayaan alam, baik itu tambang emas, maupun potensi wisata alam yang belum terjamah dan masih sangat Alami. Salah Satunya adalah air Terjun Lolayan. Entah Apa Nama sebenarnya air terjun ini, namun bagi masyarakat sekitar dan kotamobagu sering menyebutnya dengan nama Air Terjun Lolayan sesuai dengan nama Desa tempat Air terjun ini berada.

mytravelandscape/air terjun lolayan


Lokasi Air Terjun Lolayan

Untuk menuju lokasi air terjun ini sangatlah mudah karena akses jalan yang tersedia sudah sangat mulus, wajar sih karena desa ini berada dekat dengan kawasan pertambangan emas yang di kelola oleh PT J Resources Bakan sehingga mobil angkutan karyawan lalu lalang di Jalan Desa ini.
Dari Kotamobagu Lokasi air terjun dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan Pribadi baik motor maupun Mobil, sekitar 15 KM dari Kotamobagu dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit.
Menariknya anda bisa di parkir tepat di lokasi air terjunnya. Bagi saya air terjun lolayan ini adalah salah satu air terjun dengan akses paling mudah tanpa harus tracking. Bahkan anda bisa menikmati panorama air terjun ini dari dalam mobil anda.


Sudah beberapa kali saya menuju ke air terjun ini, untuk mengambil Foto Alam, waktu terbaik menuju air terjun ini adalah saat di Sore hari, dan ketika musim hujan, karena ketika musim kemarau debit air di air terjun ini sangat minim.

Apa Saja Fasilitas Air Terjun Lolayan?

Air terjun Lolayan belum memiliki fasilitas penunjang untuk pariwisata. masih sangat alami walaupun fasilitas jalan yang tersedia sudah teraspal mulus sampai di lokasi. Tidak ada yang berjaga maupun yang berjualan makanan dan minuman di lokasi ini sehingga anda sebaiknya membawa makanan dan minuman anda sendiri. Untuk kendaraan bisa anda parkir di pinggir jalan dekat lokasi air terjun, area parkirnya cukup luas untuk beberapa kendaraan mobil.  

Apa Saja Aktifitas Yang Bisa dilakukan di Air Terjun Lolayan?

1. Bermain Air

Anda bisa bermain air dan mandi di lokasi air terjun ini, ada beberapa jatuhan air yang cukup deras dan segar di bagian depan air terjun namun harus dengan sangat hati-hati karena batuannya berlumut dan licin.
Mytravelandscape/Air terjun lolayan

2. Selfie

Banyak pengunjung datang ke lokasi air terjun lolayan untuk melakukan selfie. Panorama air terjun yang masih sangat alami sangat cocok untuk pengunjung melakukan foto selfie

mytravelandscape/selfie di air terjun lolayan

3. Camping 

Lokasi Air terjun ini bisa digunakan juga untuk melakukan camping, namun sebaiknya anda meminta izin terlebih dahulu ke Aparat Desa Lolayan, agar terjamin keamanannya. Beberapa rekan pecinta alam menemukan bahwa dibagian atas air terjun ini terdapat juga air terjun lagi. Namun untuk menuju keatasnya medannya cukup ekstrem karena harus memanjat batu dan akar pohon.

Harga Tiket Masuk dan Kesimpulan

Tidak ada tarif untuk menuju Air Terjun Lolayan alias gratis. Tidak ada fasilitas yang disediakan semuanya masih sangat alami. Namun air terjun ini menyimpan potensi wisata yang jika di kelola dengan baik bisa menambah pemasukan desa setempat. 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url