Apa Saja Komposisi dalam Landscape Photography?

Berikut ini adalah beberapa jenis komposisi dalam fotografi lanskap:



1. Rule of Thirds

Memecah gambar menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal, kemudian meletakkan subjek di salah satu titik pertemuan atau garis yang dihasilkan.


2. Symmetry

Membuat foto yang terlihat simetris dan seimbang dengan meletakkan subjek di tengah-tengah atau memanfaatkan elemen yang sama pada kedua sisi foto.


3. Leading Lines

Membuat foto dengan memanfaatkan garis-garis yang terlihat di dalam foto seperti jalan raya, sungai, atau tembok sebagai pengarah mata ke arah subjek utama.


4. Framing

Menciptakan bingkai di sekitar subjek dengan menggunakan elemen seperti pohon, batu besar, atau jendela untuk menekankan dan memfokuskan pada subjek.


5. Foreground Interest

Memasukkan elemen menarik di latar depan untuk menambah kedalaman dan dimensi pada foto.


6. Golden Hour

Mengambil foto selama periode waktu saat matahari terbenam atau terbit untuk menciptakan cahaya dan warna yang menakjubkan.


7. Minimalism

Menciptakan foto yang sederhana dan minimalis dengan meletakkan subjek di tengah-tengah bidang kosong atau dengan melepaskan elemen yang tidak perlu.

Masih banyak lagi sebenarnya jenis-jenis komposisi dalam dunia photography yang bisa anda aplikasikan dalam landscape photography, teruslah mengasah insting anda dengan mengenal tipe-tipe komposisi tersebut agar hasil foto menjadi lebih "wow".


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url